Senin, 26 Agustus 2019

Menjadi 'Magadir' di Blandongan

Dua hari lalu, setengah hari masih di tempat KKN. Masih sibuk ngurusin barang barang yang dipacking biar ga ada yang ketinggalan. Walaupun masih satu kabupaten sama tempat tinggal, kayanya bakal tetep jadi masalah kalo ada yang ketinggalan karena kalo balik lagi ternyata jauh juga :)))
Sebelum KKN, hawa hawanya males juga nyiapin ini itu apalagi ngga ada koper di kosan. Punya tas carier ukuran 7,5 liter tapi di rumah. Ngga ada waktu buat bolak balik rumah waktu itu. Akhirnya kepikiran buat pake tas londri. Sore-sore habis upacara pelepasan KKN, langsung mampir toko alfath buat beli tas londri wkwkwkkw. Nemu!!!! Tapi kayanya gede banget! Tapi gpp daripada kekecilan. Harganya 38ribu!! HAHAHAHAH

15 Juli - 24 Agustus
Selama 40 hari tim Magadir menjalankan tugas sebagai pengabdi Desa Blandongan. Waktu yang menurutku lama di minggu awal tapi singkat banget di minggu akhir.
Pas awal-awal sih ga betah ya karena belum kenal mereka HAHHAHAHAHAHA. Pas udah akrab sama mereka, seneng karena klop(?) dengan jokes-jokesnya dan nyambung kalo lagi ngobrol. Ketahuilah teman, bahwa jokes dan komunikasi yang baik akan mempererat hubungan pertemanan. Jiaaakkhh.
Kalau dibanding banyak kegiatan atau leyeh-leyehnya sih menurutku ya seimbang (kalau aku sih banyak leyeh-leyehnya). Semua progja yang kami rencanakan terlaksana bahkan ada salah satu kegiatan yang bukan wilayah desa kami, kami singgahi juga (re: penyuluhan narkoba di ponpes Bandungsari), dan jadi paduan suara dadakan yang ga prepare latian apa-apa yang penting liriknya hapal. Nah loh, kurang rajin apa kami ini. Selain progja, kami juga sering menyinggahi acara pernikahan. Loh, loh, loh... ini kalian kkn atau keluarga pengantin kok ikut-ikut dateng pernikahan? Eitss, kami juga dateng ke acara pernikahan di desa karena diundang -walau tanpa undangan- oleh kepala dusun terkait. Tapi, agak memalukan juga karena kami ke sana cuma duduk dan disuruh makan bahkan kadang kami ngga ikut ngamplop :))
Ada pengalaman pribadi yang aku alami: pertama, hapeku hampir hilang. Jadi, waktu itu mau ke balai desa sama Mba Puj pake motor, aku nyetir. Pas di tikungan terakhir arah ke SD, tbtb daku merasakan kehampaan pada saku kanan jas kkn. Ketika daku raba, oh! hapeku terjatuh!
"Mba Puj, kayaknya hapeku jatuh" dengan nada panik dan muka paniknya
"Hah kok bisa? jatuh atau ketinggalan?" Mba Puj dengan berusaha menenangkan dan meyakinkan.
"Tadi di saku sini (kanan), terus ga tau ke mana" Masih panik
"Ya udah coba puter balik, sapa tau masih di jalan belum ada yang nemuin" Masih berusaha menenangkan.
Akhirnya diri ini mencoba putar balik dan memperhatikan kanan kiri pan sapa tau ketemu hapenya. Saat fokus mata ini tertuju pada jalanan, tbtb ibu-ibu warung yang di sekitar tikungan tersebut memanggil kami. Singkat kata, ibu warung ini yang nemuin hapeku. Huh :')). Rasa haru dan senang menghampiriku ya walaupun ada pecah di bagian tempered glass, tapi yang penting ga ilang dan ga rusak :D
Kedua, aku jatuh dari motornya putri. Terjadi saat setelah berkunjung di rumahnya pak casmat. Jatuhnya arah kanan, dalam keadaan motor akan pulang parkir(?). Intinya kaki kanan keseleo dan malu :))
Ketiga, pengalaman ternyata-gue-kudet. Waktu itu mau narik uang di atm Bandungsari. Aku pergi sendirian. Pas di dalam atm itu aku bingung tombol-tombol kanan-kiri buat mencet step selanjutnya kok ngga ada!! Aku bolak-balik keluarin kartu atm sama masukin password sampe tbtb mba-mba di belakang menginterupsi dan masuk ke kaca atm:
"Teh, ini cara pakenya kaya gini" Kata teteh tersebut dengan santai memencet layar ke aku yang memasang ekspresi tablo.
"O-oh, kaya gitu hehehehehheheh" Aku masang wajah sumringah tapi tetep tablo.
Lalu teteh tersebut mengundurkan diri dan memberikan ruang privasi untuk diriku yang masih kikuk dan membatin "gobl0k bgt dah w! anjir ngaku kuliah di kota tp nga tau klo mesin atm bsa touch screen! HAHAHAHAHAH" monologku dalam hati.
Setidaknya ada tiga pengalaman yang masih membatinkan sampe saat ini :))
Pas minggu terakhir KKN, ada rasa rasa "lah lah kok cepet banget, perasaan baru kemaren". Ada seneng mau pulang ke rumah ketemu kamar sendiri bapa ibu, ada sedih juga karena pisah sama orang-orang di sini, temen temen juga yang bakal super sibuk sama tugas akhir, dan bakal kangen juga leyeh-leyeh kegiatan-kegiatan selama KKN mulai dari bangun tidur sampe mau tidur lagi.
Karena ga bakal terjadi satu rumah lagi bareng mereka, leyeh-leyehan, rebahan, ngantri mandi, ngantri nyuci, bully-bullyan, masak bareng, nguras kolam berdelapan, bikin donat, nurunin kasur, bersihin kelambu, pinjem hanger, boncengan motoran enam beriringan, klaksonin tiap ketemu warga, dipanggil “kakaen kakaen” sama bocil, bangun pagi-pagi buat ke pasar menembus angin badai dari Gunung Kumbang :’), rapat di lantai dua, musikan pake speaker kecil si Pira, dan semuanyaaaaa :””)).
Terima kasih UNNES, terima kasih atas sistem acakmu yang memepertemukanku dengan orang-orang ini. Terima kasih juga udah nempatin kami di desa yang aman banget, nyaman, dan tentram. Terima kasih juga buat para Magadir, terima kasih buat 40 hari di Desa Blandongan. Ngga bisa bayangin KKN kebagian kelompoknya ga sama kalian :”)))).
Mau ngasih impression ke mereka selama KKN:
Bang : kormades nyantai, kormades baik, insya allah, tapi emang baik, pernah dibeliin eskrim disaat yang lain sibuk ngurus posyandu, pernah diculik dari siang sampe malem sampe temen2 khawatir sama aq (wqwqwq boong ding), posesip sama temen temen cewek alias harus ada yang jagain kalo pergi ke mana gitu karna kalo kata dia itu tanggungjawab dia, doyan ngudud, selalu memastikan bahwa anggotanya baik-baik saja. Btw, aku baru tau dia dipilih kormades karena dia ngajuin diri buat ditulis saat baru terbentuknya grup whatsaap kkn magadir. Dan dia kaya pasrah aja gitu, wqwqwqwq.
"Rin.. Aman kan?"
"eh anjing!"
Tom : Wakil kormades yang ngga kalah nyantai, anak twiter, anak bola, anak gamers, anak gunung, bapak sampingannya ojan, orang tinggi, gak neko neko alias kalo ada cara mudah ngapain ribet, katanya kalo kunci motor sendiri dipegang dia bakal ilang makanya kunci sering dibawa Tika, suka makan pedes, kalo makan tanpa sambel katanya ada yang kurang. Anak kebo alias susah bangun, soalnya pernah aku bangunin anak-anak cowok dan dia yang paling terakhir bangun.
"Ojaannnn... Tatap mata ojan" *digendong
"Ya ga gitu lah cuk"
Tiar : kayak bocah, buaya fik katanya hahahah, punya jok modus, punya adek di posko, medhok Kendalnya kentel banget kata anak-anak, sohibnya Tika di posko, anak olahraga tapi males olahraga malah ngudud mulu, semua orang dipanggil dek, diidolain sama bocil alias waktu itu bocil-bocil nitip salam ke aku buat Aa Tiar, dia yang paling sering maen ke luar alias maen ke posko tetangga.
"Opo toh dek.."
"Dek, wis papung?"
Peb : Anaknya Oca, anak karate, anak pramuka, dicintai anak anak pramuka, bapaknya anak anak paskibra, galak kalo udah serius, suaranya alus, suka nyanyi tiba tiba, suka godain dedek, mirip adiknya Bu Jidan, disukai ibu ibu, buciners, dikangenin bocil bocil sd 2, sultan kuota alias dermawan dalam bagi-bagi tetringan di posko.
"Waktu pertama kali~"
"Ku ingin saat ini engkau ada di sini~"
"Opo toh~"
Tika : Bendahara pertama, posesip sama pengeluaran, seneng banget sama pemasukan, sohibnya Tiar, sendalnya kembaran sama aku, suka ketuker tuker tapi bodo amat alias sama aja, ngomongnya cepet, suka ngegas, mandiri, dia satu-satunya yang ngerasain pengalaman horor di posko pas dia mau tidur denger gonggongan anjing padahal di daerah situ ga ada yang pelihara dan jauh dari perhutanan dannn... ngga ada anak lain yang denger kecuali dia sendiri.
"Rin, sendalku itu!"
“Heh, kakimu tuh harus dikompres dulu. Bilangin ngeyel!”
Oca : Suka mules, seneng sama anak kecil, buciners nomor wahid, tiap hari vidcall sama doi, punya pikiran paling "dewasa" diantara yang lain, anaknya mamah yang ke dua, mamahnya Peb, soulmatenya Bu Holipah, kalo udah fokus suka jadi budek, kalo udah misuh nggilani, paling jago maen corel diantara anak-anak lain, jadi progja yang berkaitan dengan gambar-gambar melibatkan dia. Rada kasian w, tapi maap ca, aq ga bisa korel, kalo bisa tak bantu wkwkwkw.
"Bangsat... Bangsat". Asli, aku paling ngakak kalo dia udah misuh-misuh ngomong gini. HAHAHAAHAH.
"PooOoOOoo...". Ini pake nada khasnya dia..
Mamah : Bendahara dua, mantan paskib, mengayomi anak anaknya, punya anak kandung 2 di posko, satunya ari ari yang hidup, kadang suka kayak anak kecil, menjadi tempat mengadu kalo ada yang salah ngomong bahasa inggris, drakor addict, chef di posko, punya anak anak yang posesip yang ga mau orang lain manggil dia mamah. Aku baru tau ternyata Mamah ga enakan ke aku pas piket masak karena mau nyuruh ini itu ga enak, padahal mah santai aja mah sama aquh.
“Rin, kapan kita bikin buku (profil desa)?”
“Bawangnya diiris-iris ya!”
“Nanti tomatnya diiris miring kaya gini”
Chingu : manusia uniq dan antiq, kesayangan mamah, suka kehilangan barang tapi ga nyari dulu malah ribut dulu, anak pondok yang kabur, timses, anaknya papah sandi, mamahnya xabiru, nyengiti, petakilan, ga mau diem, kecil kecil cabe rawit, kalo cerita seru, kisah hidupnya layak dibukukan.
"ALLAHUAKBAR!" Using Chingu's accent.
"Aduh, sikile geringgingen"
"MAMAHHH.... MAHHH..... MAMAAAAAHHH"
Dedek : adiknya Tiar, anaknya Mamah paling kecil, kayak anak kecil, suka dikatain ansos, suka main hp, perawatan, kulit mukanya alus mulus, phobia kuchenk, suka ngegas kalo ngomong sama aq, disukai aa aa, mirip nisa sabyan kata warga, paling geulizz, indigo katanya, kalo nyetir motor ugal ugalan.
"AWAS RAH RIN, KONE AJA NING KONO!"
"HIIH BRISIK BAE!" dia kalo ngomong ke aku emang ngegas terus
Gais : Sekretaris pertama, anak dasa dharma, suka aq bully, teman pertama q di kelompok KKN karena nebeng wgwgwg, sayang mamas, kalo lawak garing tapi aq suka, bucin juga, rajin, teman bobok Dedek, suka ngadu ngadu ke Uhti kalo dinakalin aku 😡. Kalo kata Tiar dia alay, semenjak saat itu aku suka bully dia anak alay hahahahaha.
"Piye toh GAIS"
"hehehehe" ketawa garingnya dia
"Puuutt, rininya puttt, nakaaall"
Uhti : Sekretaris dua, teman tidur q, ukhti tapi naughty, bawel, suka gangguin aku kalo aku lagi anteng, motor dia paling enak di tempat kkn kata anak-anak, rajin, ga bisa diem alias ga suka gabut gabutan (padahal rebahan enak bgt), terlalu baik sampe Mamah & aku gemes sama dia karena ‘baik’ banget, kenal semua perangkat desa, akrab sama ibu-ibu pkk, ga bisa sebel sama aq wkwkwkw y g mbing?
"Hidung aku mampet"
"Rin... Mau eskrim"
Put.. | ngga! | Put | ga | Put! | GA! | Putputputputputputputtt | ga!
(Iya, serandom itu kalo ngobrol sama dia, ga ngerti w)
Oiya, aku rada lupa sama penamaan “Magadir”. Seingetku, waktu itu lagi ngobrol sama anak-anak cewek gitu terus aku ngomong “Magadir” ke anak yang ga tau diri sama makanan/jajan gitu... terus lupa. Lama-lama nama itu nyebar dan sering diomongin jadinya terbentuklah grup KKN Magadir!!! yeay!!! *prok *prok *prok 
Sebenernya bisa banyaaaaakkkk banget kalo cerita tentang KKN dan Magadir. Tapi karena aku lupa dan males ngetik, jadi yaudah segitu aja.
Sukses terus buat kalian, jangan pernah lupa kalo kita pernah satu atap, ngelewatin hal seneng dan sedih bareng, selesein masalah bareng-bareng juga. Semoga Tuhan senantiasa menjaga kalian, dan semoga urusan kalian selalu dilancarkan olehNya.
Jangan pernah jadi canggung ya! Aib kita sebagian sama-sama tahu lah ya, aneh kalo tiba-tiba ketemu malah jadi awkward. Kalo ketemu aku jangan lupa buat nyapa! Kalo aku ga nyaut bukan berarti sombong atau jumawa tapi karena rabun jauh aja! Hhhhhhhh 💕




Tidak ada komentar:

Posting Komentar